SELAMAT DATANG

Terima kasih Anda telah berkunjung ke Blog kami. Walaupun masih sederhana dalam blog ini namun memiliki keinginan yang kuat untuk menampilkan kegiatan siswa dalam menjalankan usaha khususnya siswa SMKN 2 Garut. Besar harapan kami kepada para pengunjung blog ini sekiranya memberikan saran dan kritikan yang membangun, lebih lagi memberikan peluang berupa kegiatan yang lainnya kepada siswa kami untuk menjadi lebih mandiri. Kami mengajak kepada segenak komponen pelaku wirausaha untuk bergabung dalam kegiatan kewirausahaan siswa SMKN 2 Garut.

Salam Wirausaha

Disinilah peranan pembelajaran kewirausahaan dalam implementasi keterampilan sehingga anak didik mampu bertahan dengan kemampuan mengelola keterampilan dirinya.
pembelajaran kewirausahaan memang merupakan unggulan bagi SMK agar anak didiknya mempunyai kemampuan lebih dan siap memasuki kehidupan sebagai manusia yang survival. Dengan kewirausahaan, maka anak ddik terbiasa dalam kondisi ‘ usaha’ dan membangun jaringan usaha sejak bersekolah sehingga saat selesai masa belajar, maka mereka sudah memiliki pengalaman kerja, bahkan pangsa pasar/ pangsa kerja tersendiri.Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Garut yang telah merintis praktik kewirausahaan siswa dalam mengelola usaha kecil.

Kamis, 09 Juli 2009

INDUSTRI KREATIF LHO....LAGI FAMILIAR

Kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada.
Dari sudut pandang keilmuan, hasil dari pemikiran kreatif (kadang disebut pemikiran divergen) biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan. Sebagai alternatif, konsepsi sehari-hari dari kreativitas adalah tindakan membuat sesuatu yang baru.(Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)

Industri kreatif adalah “industri yang bersumber pada kreativitas, ketrampilan, dan talenta individual yang memiliki potensi untuk menciptakan lapangan kerja dan kemakmuran lewat penciptaan dan eksploitasi dari hak kekayaan intelektual”. Industri kreatif memang memiliki skala dan potensi yang sangat besar untuk ekonomi suatu negara.Setahun lalu, presiden SBY sudah mulai mendengung-dengungkan pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Presiden juga memunculkan istilah “Peradaban Gelombang Keempat”. Peradaban inilah yang akan melahirkan suatu tatanan ekonomi baru, Ekonomi Gelombang Keempat.Ekonomi gelombang keempat merupakan kelanjutan dari ekonomi gelombang sebelumnya yang mengandalkan teknologi informasi sebagai ujung tombak. Keunggulan ekonomi gelombang baru ini adalah ekonomi yang menitikberatkan pada tiga aspek orientasi yakni kreativitas, budaya dan warisan budaya, serta lingkungan. Perhatikan bahwa KREATIVITAS akan menjadi pijakan utama dalam ekonomi gelombang baru ini.
Bicara soal Indonesia kreatif, berarti kita harus paham soal perkembangan industri kreatif di Indonesia dunk. Tapi, apaan sich industri kreatif itu? Pada dasarnya industri kreatif adalah industri yang bermuara pada intelektualitas, ide, dan gagasannya yang orisinal lantas merealisasikannya berdasarkan pemikiran serta rasa dari lubuk hati yang paling dalam sebagai insan kreatif yang ingin memajukan industri di tanah airnya.
Eh, ternyata industri kreatif itu buanyak banget lho macamnya. Industri kreatif itu terdiri dari 14 sektor industri berikut:

1. Periklanan
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan produksi iklan, produksi material iklan, termasuk tampilan iklan di media cetak dan elektronik

2. Film/Video dan Fotografi
Semua kegiatan kreatif yang berkaitan dengan jasa fotografi, produksi film (termasuk penulisan skenario, sinematografi, dan lain-lain).

3. Musik
Semua aktivitas yang menyangkut proses produksi album lagu, rekaman suara, komposisi musik termasuk pertunjukan musik.

4. Arsitektur
Termasuk di dalamnya segala sesuatu yang berkaitan dengan tatakota, arsitektur taman, konstruksi bangunan, dan lain-lain.

5. Pasar seni dan Barang Antik
Sektor ini biasanya berkaitan dengan pengerjaan maupun perdagangan produk-produk antik termasuk di dalamnya hiasan.

6. Kerajinan
Sektor industri ini berkaitan dengan distribusi produk-produk kerajinan (aksesori, emas, kayu, kaca, porselen,dan lain-lain)

7. Desain
Sektor industri ini mencakup bidang desain grafis, interior, desain produk. logo, branding, dan lain-lain.

8. Desain Fashion
Termasuk di dalamnya aktivitas yang berkaitan dengan kreasi desain pakaian, aksesori, produksi pakaian, dan lain-lain

9. Permainan Interaktif
Termasuk di dalamnya adalah termasuk proses produksi maupun distribusi game online atau video yang bersifat edukatif.

10. Seni Pertunjukan
Termasuk di dalamnya adalah kegiatan kreatif seperti pertunjukan tarian tradisional, kontemporer, drama, musik tradisional, teater, opera, dan lain-lain.

11. Penerbitan dan Percetakan
Sektor industri ini meliputi kegiatan yang berkaitan dengan penulisan atau penerbitan buku, majalah, koran, tabloid, portal, dan lain-lain.

12. Layanan Komputer dan Piranti Lunak
Berkaitan dengan pengembangan teknologi informasi termasuk pengembangan software, desain arsitektur peranti lunak, web design, dan lain-lain.

13. Televisi dan Radio
Termasuk di dalamnya adalah produksi dan penyiaran serta transmisi televisi dan radio.

14. Riset dan Pengembangannya
Sektor industri ini berkaitan dengan aktivitas untuk menemukan inovasi baru, metode baru, atau teknologi baru yang bisa menjadi solusi.Wah, banyak juga yach macemnya. Itu berarti semakin berkembang industri kreatif di Indonesia, maka semakin banyak pula lapangan pekerjaan yang terbuka untuk masyarakat Indonesia. Industri kreatif memang tidak akan pernah mati…

Sumber: 1. Wikipedia bahasa Indonesia 2. Agus MU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar